Media Infomasi Seputar Batu Akik

Ciri Ciri dan Aneka Jenis Batu Bacan

Banyak orang yang mengetahui batu akik, khususnya bacan. Namun tidak sedikit yang belum paham mengenai aneka jenis-jenis batu bacan yang tersebar di Indonesia. Padahal, mengenali dan mempelajari jenisnya adalah sesuatu yang penting jika seseorang ingin menjadi kolektor ataupun pecinta batu akik. Hal tersebut agar tidak menjadi korban penipuan yang biasanya terjadi karena ketidaktahuan pembeli. Selain penipuan terhadap perbedaan jenis, adapula penipuan karena batu akik palsu (imitasi). Oleh karena itu, agar menambah wawasan ilmu, berikut aneka jenis batu bacan yang wajib Anda ketahui.


Aneka Jenis Batu Bacan

[1.] Batu Bacan Obi
Batu ini biasa juga disebut batu Carnelia. Namanya sendiri diambil dari tempat batu tersebut ditemukan, yaitu di pulau Obi. Banyak orang menyukai jenis batu ini karena warnanya yang biasa bening serta tembus pandang. Selain warnanya yang lebih mirip dengan kaca, batu ini juga memiliki variasi warna-warna yang lain. Bahkan semua warna ada pada jenis ini, dari mulai warna kuning dan biru yang jumlahnya banyak, hingga bacan obi merah yang disukai oleh mancanegara (biasa disebut Red Jade). Batu bacan Obi biasa ada di dalam tanah yang berair.

[2.] Batu Bacan Biasa
Maksudnya adalah, batu bacan ini bukanlah batu jenis Palmea, Obi ataupun Doko. Dalam ilmu pengetahuan, batu ini memiliki nama latin Chrysocolla in Chalcedony ataupun Chrome Chalcedony. Sedangkan untuk ciri-cirinya, biasanya batu ini memiliki warna seperti kayu atau fosil kayu yang jika diolah seperti kayu yang sudah dipirnus. Selain itu, batu ini juga biasa disebut pancawarna jika proses fosilisasinya seperti dengan cara merendam menggunakan minyak zaitun atau minyak kemiri telah berhasil dilakukan.

[3.] Batu Bacan Doko
Batu bacan jenis ini sangat banyak diminati oleh para Gemslover. Selain karena memang terkenal, batu ini juga memiliki keindahan yang khas, yaitu berupa warna mencolok hijau tua ataupun biru tua. Nama dari batu ini sendiri diambil dari tempat ditemukannya, yaitu Desa Doko. Selain disukai oleh masyarakat Indonesia, batu bacan Doko juga banyak dicari oleh orang-orang dari Arab, Eropa dan China. Ciri ciri batu bacan ini adalah memiliki tingkat kekerasan yang tinggi, hampir mirip dengan batu Giok. Walau keras, batu ini memiliki kekurangan yaitu mudah berkapur. Jadi jika Anda tidak memiliki keahlian mengenai batu jenis ini, janganlah membeli mentahannya.

[4.] Batu Bacan Palmea
Seperti namanya, batu ini diambil dari tempat ditemukan, yaitu di Desa Palmea. Ciri khas dari batu ini adalah warna birunya yang begitu jelas walaupun dalam keadaan masih mentahan (kasar). Selain itu, batu Palmea ini bisa dibuktikan keasliannya jika cahaya menembus ketika disorot. Selain tembus cahaya, biasanya bagia batu Palmea ini akan mengeluarkan bisa cahaya yang bermotif serta berwarna.

Baca juga cara mengolah batu akik secara tradisional

Demikianlah ulasan mengenai aneka jenis batu bacan yang dapat saya rangkum untuk anda. semoga bermanfaat dan berguna bagi anda semua.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Ciri Ciri dan Aneka Jenis Batu Bacan