Media Infomasi Seputar Batu Akik

Kumpulan Istilah Treatment pada Batu Akik

Treatment pada batu akik maksudnya adalah melakukan suatu perlakuan khusus sebelum atau setelah batu diolah. Baik itu masih dalam keadaan batu mentah maupun batu akik yang sudah diikat menjadi cincin atau kalung. Dari berbagai pengalaman treatment, bermunculan berbagai istilah yang biasa dilakukan oleh para kolektor, penjual ataupun ahli bebatuan. Istilah-istilah tersebut biasa digunakan sebagai kode-kode untuk mempermudah penyebutan. Berikut kumpulan istilah treatment pada batu akik yang perlu Anda ketahui.


Kumpulan Istilah Treatment pada Batu Akik

[1.] Bleaching
Melakukan treatment dengan cara menggunakan sumber panas seperti pemanas, zat kimia ataupun cahaya. Perlakuan pada batu akik ini dilakukan sebagai cara menghilangkan dan memudarkan warna yang ada pada batu.

[2.] Dyeing 
Teknik yang bisa juga disebut infusing ini adalah teknik menggunakan pewarna untuk merubah atau memekatkan warna batu itu sendiri. Cara melakukannya adalah dengan merendam atau memasukkan pewarna ke dalam batu.

[3.] Filling 
Menggunakan cairan, seperti borax, kaca atau plastik untuk dimasukkan ke dalam celah-celah atau rongga batu. Fungsinya untuk merubah warna atau memekatkan warna batu.

[4.] Heating 
Sama seperti teknik bleaching, teknik heating ini menggunakan media panas juga. Bedanya, treatment ini berfungsi bukan untuk memudarkan warna melainkan untuk menciptakan fenomena-fenomena pada batu serta meningkatkan kepekatan warna. Ada berbagai macam fenomena yang bisa terjadi, misalnya saja mata kucing dan efek-efek bintang.

[5.] Impregnation 
Treatment yang dilakukan dengan cara memasukkan celah-celah atau pori-pori batu dengan bahan tak berwarna (contohnya: plastik). Cara ini digunakan untuk memperindah keadaan dan daya tahan batu akik.

[6.] Oiling 
Teknik ini biasa juga disebut infusion. Teknik ini digunakan untuk mengakali batu akik yang retak rambut sehingga kembali seperti semula. Caranya sendiri adalah dengan memberikan minyak yang tidak berwarna, bahan-bahan dari lilin ataupun getah kebagian batu yang retak.

[7.] Irradiation 
Treatment batu akik ini mengguanakan media sinar neutron, gamma ataupun penembak elektron ke bagian batu yang akan dirubah warnanya. Hasilnya dapat membuat batu semakin indah dan memperlihatkan warna aslinya.

[8.] Diffusion 
Teknik treatment ini menggunakan bantuan cairan kimia. Caranya sendiri adalah dengan melumurkan cairan kimia tersebut keseluruh permukaan batu akik. Setelah itu dipanaskan dengan media sumber panas yang suhunya sangat tinggi. Dengan cara diffusion, batu akan memperlihatkan berbagai fenomena seperti efek-efek bintang.

[9.] Waxing 
Teknik treatment ini biasa juga disebut dengan nama oiling. Prosesnya sendiri adalah dengan cara menyumbat atau meratakan bagian batu yang berpori atau retak dengan menggunakan bahan berupa lilin yang tidak berwarna, minyak ataupun bahan brjenis balsa yang nantinya digunakan untuk membuat batu akik menjadi lebih sempurna dan bagian-bagian yang cacat kembali mulus. Selain itu, teknik ini juga banyak digunakan untuk batu pirus dan giok. 


Sekian postingan tentang istilah treatment pada batu akik, semoga berguna dan bermanfaan bagi anda sekalian. Jangan pernah bosan untuk berkunjung dan mengikuti blog batu akik yang sangat sederhana ini. Terima kasih

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Kumpulan Istilah Treatment pada Batu Akik