Media Infomasi Seputar Batu Akik

Cara Mudah Treatment Batu Safir

Batu mulia safir adalah salah satu batu yang memiliki keindahan yang sangat tinggi. Seratnya yang halus dan mempesona menambah tinggi harganya. Selain itu, batu ini juga banyak dicari oleh kolektor karena jumlahnya yang langka serta cocok untuk dijadikan perhiasan wanita. Pada dasarnya, batu safir yang baru diambil dari penambangan memiliki warna yang pucat clarity sehingga kurang bagus untuk dilihat dan harganya belum tinggi. Oleh sebab itu, dibutuhkan waktu untuk mengolah batu safir menjadi indah. Cara mengolahnya sendiri cukup sederhana dan mudah, Anda dapat melakukannya dengan perawatan secara rutin. Berikut cara mudah treatment batu safir yang baik dan benar.


Cara Mudah Treatment Batu Safir

[1.] Heat
Salahsatu jenis treatment yang banyak dipakai para pengrajin batu safir dari masa ke masa, bahkan dari zaman dahulu kala. Teknik yang juga banyak dipakai oleh kolektor ini gunanya untuk meningkatkan penampilan batu safir agar lebih indah dipandang.

[2.] Diffusion
Teknik ini digunakan dengan cara memberikan bahan-bahan kimia yang khusus seperti susunan kimia yang ada pada batu safir itu sendiri. Setelah batu safir dilumuri oleh bahan kimia tersebut, selanjutnya batu dipanaskan dengan keadaan suhu yang sangat tinggi sehingga membuat warna serta cacat-cacat yang ada di bagian batu safir menjadi kembali sempurna. Selain itu, cahaya yang dihasilkan oleh batu akan lebih mempesona, kuat dan tajam. Walau terlihat baik, treatment jenis ini kurang disukai oleh para kolektor karena harganya lebih rendah dibandingkan batu yang sudah indah secara alami tanpa treatment atau batu yang hanya diolah menggunakan teknik heat.

[3.] Glass filled (flux)
Glass filled atau flux adalah teknik treatment pada batu safir dengan cara melubangi bagian yang akan diperbaiki, setelah itu batu akan dibakar dengan suhu tertentu sehingga bagian yang buruk akan meleleh. Sedangkan bagian yang berlubang akan ditutupi oleh bahan-bahan kimia seperti pada teknik no.2. Glass filled ini sendiri masih jarang dilakukan oleh para pecinta batu karena harganya yang cukup mahal dan sulitnya mendeteksi bagian-bagian yang akan dilubangi.

[4.] Synthetic
Seperti namanya, teknik ini adalah teknik meniru batu safir alami yang ditemukan asli dari perut bumi. Jadi, teknik ini mengandalkan kemampuan manusia untuk mengolah, memproses dan membuat batu yang unsur dan bentuknya seperti safir. Teknologi yang dipakai sendiri sangat canggih sehingga memerlukan dana yang besar. Walau begitu, banyak penjual yang anti terhadap batu jenis ini karena harganya yang tidak jauh berbeda dengan batu safir imitasi.

[5.] Imitasi
Berbeda dengan teknik synthetic, safir imitasi hanya terlihat sama jika dipandang secara sekilas. Namun jika diteliti lebih lanjut, maka jelas sudah perbedaannya. Untuk membuatnya sendiri, banyak pengrajin yang menggunakan bahan spinel, zircon dan crystalin untuk bagian inti batu.

Lihat juga batu akik paling populer

Itulah beberapa cara mudah treatment batu safir, mudah-mudahan ulasan diatas akan bermanfaat bagi anda sekalian.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Mudah Treatment Batu Safir